Sejarah Singkat

Sejarah MAN Kota Tegal
BRIEF HISTORY OF MAN Kota Tegal

MAN Kota Tegal didirikan oleh suatu yayasan bernama “ASSALAFIYAH” waktu itu masih berbentuk Filial atau kelas jauh dengan nama “ MADRASAH ALIYAH NEGERI BABAKAN FILIAL DI KOTAMADYA TEGAL ”.

Berdiri pada tahun 1984 Pimpinan ( Kepala ) yang ditunjuk oleh yayasan yaitu Bpk. Drs. Mu’min Mahmud, namun jabatan tersebut hanya selama + 3 bulan ( selama pendaftaran murid baru ) dengan jumlah siswa + 160 terbagi menjadi 4 lokal ( 2 lokal putra + 2 lokal putri ), KBM menempati gedung MTs. ASSALAFIYAH dan dilaksanakaan pada sore hari, dari jam 13.30 – 19.20 WIB dengan 2 x istirahat Ashar & maghrib.

Pada tanggal 5 Agustus 1986 turun SK Pusat No. 54/E/1986 dengan pimpinan Alm. Drs. Mustadjab guru dari MAN Bababakan Kab. Tegal (1985/1986 s/d 1987 / 1988). MAN Filial dipercaya untuk melaksanakan EBTAN angkatan pertama yaitu tahun pelajaran 1986/1987 dengan peserta + 143 siswa 2 lokal Program pilihan A1 (Agama), 1 lokal program pilihan A3 ( Biologi ), 1 lokal Program pilihan A4 ( IPS) ditambah MA Mambaul Ulum, waktu ujian menempati gedung SD Negeri Randugunting 4 dan 5 di Jl. Arum No. 25 Kod. Tegal selama + 2 tahun dari pertengahan 1986 – 1988.

Tahun 1988 pindah tempat di MDA Kemeduran Kejambon dengan KBM pagi hari, namun karena satu dan lain hal, di Madrasah Diniyah tidak berlangsung lama, beberapa waktu kemudian dalam tahun itu juga pindah lagi ke Jl. Arum 25 Randugunting sampai tahun 1994. Selanjutnya pada tahun pelajaran 1994/1995 pindah ke MTs Al Munawar dengan KBM pagi hari, pimpinannya Bp. R. Moh Cholid (1988/1989 – 1993/1994 ) dalam proses penegrian , Bpk. R. Moh Cholid pensiun digantikan oleh Alm. Bpk.M. Sanuddin, BA pada tahun pelajaran 1995/1996 + 1 tahun.

Tepat menjelang siswa ujian, SK Penegerian turun dengan No. SK: No. 515.A Tanggal 25 Nopember 1995 . Peresmian Penegerian diproklamirkan di Pendopo Balai Kota Tegal pada tanggal 7 Maret 1996 dengan pimpinan masih Bpk. M. Sanuddin, BA peresmian dilaksanakan secara umum dengan tamu undangan dari semua instansi terkait dan masyarakat luas, hasil kerja sama yang baik antara Wali Kota Tegal ( H.M. Zakir ) dan Kepala Kandepag Kota Tegal ( Drs. H. Mulyono ).

MAN Kota Tegal dan MTs. Negeri Margadana memperoleh sebidang tanah wakaf dari uluran tangan Bpk. Drs. H. Ismail yang istrinya ( Ibu. Hj. Rukoyah ) pemilik P.O DEWI SRI, Bpk. Drs. H. Ismail adalah pensiunan pegawai Kandepag Kota Tegal yang waktu itu anak buahnya Bpk. Drs.H. Mulyono

Keputusan yang disepakati bersama antara MAN Kota Tegal dan MTs. Negeri margadana dengan disaksikan oleh pengurus BP 3 dan Ka. Kandepag, bahwa siapa yang duluan turun anggaran proyek, maka menempati bagian depan. Proyek pembangunan MAN Kota Tegal turun dulu yaitu pada tahun pelajaran 1996/1997 sebanyak 3 lokal, bantuan pembuatan jalan baru dari jalan raya pesurungan sampai ke lokasi oleh Pemda Kota Tegal

Kepala MAN Kota Tegal adalah Bpk. Drs. H. Chudlori Affandi dengan SK No. WK/1-b/KP.07.6/2463/1996 TMT: 12 Juni 1996 setelah gedung dibangun dengan papan nama MAN di pasang. Animo masyarakat ( siswa baru) semakin meningkat, sehingga yang rencananya akan ditempati siswa lama yang berada di Jl. Kemuning 45 Kejambon (MTs. Al Munawar) tidak jadi karena pendaftar dan lokal tidak seimbang

Mulai saat itu mengingat animo pendaftaran semakin banyak sedangkan jumlah lokal yang ada tidak memadai, maka MAN kota Tegal berlokasi dua tempat dan siswa sebagian di Jl. Kemuning 45 sebagian siswa ada di pesurungan lor, Setiap ganti tahun pelajaran animo pendaftar semakin meningkat 10 x lipat dari siswa lama.

Solusinya untuk mengatasi sarana prasarana yang sangat minim pembangunan lokal berjalan terus tiap tahun 3 lokal diprakarsai oleh Bpk. Drs. H. Kamaludddin kerja sama dengan CV. USAHA JAYA dananya dengan pinjaman BANK.

Menunggu bantuan proyek APBN terlalu lama, maka melalui Bantuan ASFI (Imbal Swadaya ) dana tersebut diangsur dari uang operasional siswa baru setelah membangun berturut – turut selama 3 tahun + 9 (sembilan lokal ) mendapatkan perhatian dari Kanwil Depag Prop. Jawa Tengah.

MAN Kota Tegal pindah seluruhnya di gedung baru pesurungan lor pada tahun 2001/2002. Kemudian setelah menjelang adanya otonomi daerah MAN Kota Tegal mendapatkan perhatian dari Pemda dan Dikbud dengan adanya kebijaksanaan mengenai perluasan lokasi yaitu usulan permohonan tanah bengkok milik desa Pesurungan Kidul kepada Wali Kota tegal ( H. Adi Winarso, S.Sos ) untuk digunakan pengembangan pembangunan yang diprakarsai oleh Kepala MAN Kota tegal ( Drs. H. Mubasyir Dahlan, M.Ag ) berhasil di realisasi pada tanggal 11 Agustus 2003 seluas 9.000 M2, tanah tersebut dengan sistim Pinjam Pakai dibagi dua MAN Kota Tegal 4.600 M2 dan MTs. Negeri Margadana 4.400 M2

Pada akhirnya pembangunan lokal dan sarana lain selalu mendapat perhatian dari Kanwil Depag dan Depag Pusat maupun Pemerintah daerah.

Demikian sejarah singkat mengenai berdirinya MAN Kota Tegal, apabila ada sedikit kekeliruan menganai bahasa, urutan peristiwa maupun hal – hal lain yang kurang pas dengan kondisi dan situasi waktu itu, kami mohon maaf yang sebesar besarnya, sejarah ini kami susun hanya sebatas daya ingat kami yang sudah mengabdi di MAN Kota Tegal selama + 21 Tahun dari 1984 – 2005